Ciri-ciri HP Kentang, Ternyata Ada yang Kelas Mahal Juga Lho!

Julukan "HP kentang" hadir dan semakin populer belakangan ini karena banyak vendor smartphone yang mengeluarkan ponsel baru dengan spesifikasi yang berbeda dan semakin canggih. Ungkapan "HP kentang" mulai ada di kalangan gamer atau penggiat gadget

Ponsel kentang sendiri merupakan singkatan dari “kena anggung” yang mengacu pada spesifikasi dari smartphone. Lalu, apa itu ponsel kentang? Ponsel jenis apa yang bisa disebut ponsel kentang?

Ciri-Ciri HP Kentang

HP kentang disandarkan pada produk smartphone yang kurang mumpuni untuk digunakan saat bermain game karena terlalu berat dan menyebabkan HP menjadi lemot. Bisa dikatakan HP kentang adalah istilah untuk HP yang memiliki spesifikasi pas-pasan.

Meski disebut spesifikasi pas-pasan, smartphone yang masuk ke dalam kategori HP kentang adalah ponsel-ponsel entry-level yang memiliki kapasitas baterai kurang dari 4.000 mAh dengan RAM hanya sebesar 2 GB dan media penyimpanan sekitar 16 GB.

Media penyimpanan sebesar 16 GB dikatakan kurang karena ukuran aplikasi yang semakin membesar dari waktu ke waktu. Bahkan untuk kelas entry-level pun saat ini kapasitas memori internalnya idealnya adalah minimal 32 GB.

Penilaian HP Kentang bisa dibilang bersifat subjektif yang artinya tidak ada spesifikasi khusus untuk menentukan bahwa HP tersebut masuk ke dalam kategori HP kentang. Jadi, istilah HP kentang ini bisa disandarkan pada semua HP.

Biasanya, HP kentang muncul ketika ada sebuah HP yang memiliki spesifikasi nanggung dibandingkan dengan smartphone lainnya dengan harga sekelas. Jadi, HP kenang memang sangat subjektif bahkan bisa disandarkan kepada HP dengan jelas yang mahal sekalipun.

Risiko Main Game dengan HP Kentang

Karena HP Kentang muncul di kalangang gamer, tentunya HP yang disebut-sebut sebagai HP kentang adalah HP yang tidak bisa digunakan untuk bermain game berat seperti Mobile Legends, Playerunknown's Battleground (PUBG), Fortnite, Call of Duty Mobile dan League of Legends.

Tentunya, penyebutan HP kentang kepada HP yang tidak bisa digunakan untuk memainkan game online besar menyebabkan beberapa risiko seperti di bawah ini.

1. HP mudah panas atau Panas Berlebih

Ponsel umumnya berbasis ponsel hanya ketika pengguna bermain game di smartphone menyebabkan kondisi overheating alias panas berlebih. Hal ini dapat terjadi karena disebabkan oleh pergerakan arus listrik yang terus menerus pada perangkat HP.

Munculnya panas pada smartphone yang digunakan merupakan kondisi yang wajar. Namun, beberapa ponsel menyebabkan panas yang tidak normal atau berlebihan karena bermain game. Hal ini bisa terjadi bila spesifikasi HP terlalu rendah. Akibatnya, komponen dalam ponsel seperti CPU, GPU, dan baterai harus bekerja terlalu keras dan menyebabkan panas berlebih.

2. Saat bermain terjadi lag

Ponsel kentang dengan spesifikasi pas-pasan mungkin tidak memenuhi kebutuhan gaming smartphone sehingga menyebabkan macet atau delay saat bermain. Pengguna akan merasa terganggu saat menikmati sesi permainan.

Apalagi jika Anda bermain game kompetitif dan butuh reaksi cepat. Oleh karena itu penyebutan hp kentang sering terjadi pada hp yang selalu delay saat digunakan untuk bermain game berat.

3. Baterai Cepat Rusak

Memaksa ponsel dengan spesifikasi yang tidak cocok untuk bermain game berat akan mudah merusak baterai. Ponsel digunakan untuk memuat lebih sering dan membuat kesehatan baterai kurang.

HP yang digunakan khusus untuk keperluan gaming akan dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar dan fitur proteksi arus listrik yang memadai oleh pabrikan HP.

Itulah informasi mengenai penyebutan ponsel kentang di smartphone dan risiko tertentu yang terjadi saat ponsel dengan kapasitas biasa cenderung cenderung rendah untuk digunakan bermain game online berkapasitas tinggi. Jadi, silahkan pilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari agar ponsel Anda tidak disebut ponsel kentang

4. Game setting paling rendah masih lag

Saat bermain tidak bisa memaksimalkan grafis dan setting pada game. Dikarenakan saat merender game bisa CPU dan GPU akan tidak kuat membaca data yang diberikan game maka akan terjadi lag parah. 

Apalagi dengan setting maksimal maka data dan kode pada game akan diberi kerja berat pada CPU dan GPU secara berlebihan maka akan terjadi penumpukan data yang membuat HP lag. 

Maka jika terjadi hal tersebut turun grafis HP. Jika masih terjadi lag fix HP anda kentang. 

5. Saat bermain game batrai mudah habis

Game yang berat akan membuat kinerja HP berlebihan makah daya yang dibutugkan harus lah besar karena untuk mengisi arus listrik pada CPU, GPU dan komponen lainya maka harus membutuhkan kapasitaa batrai yang mencukupi. 

Rata rata batrai yang dibutuhkan minimal 4500mah - 6000mah. Agar perfoma maksimal dan keawetan batrai terjaga. Jika batrai HP kentang di sekitar 1000mah - 3000mah.
Toko Marlan

This blog is created only for a hobby. Hopefully everything on this blog is useful for readers.

1 Komentar

  1. Ignition is the winner total, because of 200+ games, a $3,000 welcome bonus, and a protected and safe setting that you simply can} play free of charge and for real. This listing is nothing to put in writing house about, but we love that payouts are dealt with super, super-fast. The welcome offer goes as much as} $7,500 should you use crypto, and we also advocate checking out the Rewards Program and 1xbet the VIP part. It's easy - you play games, and also you earn bonus points for further goodies and perks.

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama