Cupang yang bagus seperti apa? Ciri - Ciri Cupang Bagus

Ciri Ciri Ikan Cupang Hias Yang Bagus, Buat apa beli ikan cupang hias yang jelek, ya nggak??? Untuk kamu yang bukan pemula sebaiknya sabar ya, karena tetunya ketika kamu menemukan tulisan ini itu berarti kalian ingin ikan cupang yang kualitas kontes, ya….paling tidak mendekati lah.

Ciri Ciri Ikan Cupang Hias Yang Bagus

Ciri Ciri Ikan Cupang Hias Yang Bagus

Insyaallah admin akan menuliskan ciri-ciri ikan cupang kualitas kontes seperti yang kalian harapkan. Karena tulisan ini admin khususkan hanya untuk pemula yang ingin membeli ikan cupang, baik offline maupun online.

BACA JUGA : Cara Budidaya Cupang di Akuarium

Ada banyak pertimbangan ketika kita ingin membeli ikan cupang, dan kriteria-kriteria berikut ini akan menuntun kita pada ikan yang bagus. Yuk simak ciri-cirinya.

Mental Ikan Cupang Yang Bagus

Dalam memilih ikan cupang yang yang pertama kita nilai adalah mentalnya, kenapa musti mental toh kita nggak beli ikan cupang adu?

Cupang berbeda dengan ikan cupang hias yang lain, ketika kita memelihara ikan cupang hal yang paling menyenangkan adalah ketika kita bermain dengan mereka.

Cara bermainya kita bisa menggunakan pilpen atau bolpoin dan menunjukanya pada ikan cupang lalu ikan cupang mengikuti ke arah mana gerakan pulpen. Yang lebih hebat lagi kita menggunakan jari telunjuk saja ikan cupang akan langsung mengikutinya.

Nah jika ikan cupang tidak memiliki mental, mana mau kita latih seperti itu. Selain itu ikan cupang yang tidak memiliki mental biasanya kurang sehat.

Lalu bagaimana kita memilih ikan cupang yang memiliki mental, seperti yang admin katakan tadi kita membeli secara offline dan online.

Beli ikan Cupang Offline : Jika kita membeli ikan cupang di toko-toko ikan hias atau penjual ikan cupang keliling, umumnya ikan cupang satu dengan ikan cupang sebelahnya tidak diberi sekat.

Karena tidak adanya sekat ini, ikan cupang sudah biasa bertemu satu sama lain, jadi umumnya mereka tidak menunjunkan mental lagi.

BACA JUGA : Cara Membedakan Ikan Cupang Betina dan Jantan

Nah untuk melihat mental mereka lagi, sebelum kita beli sebaiknya siapkan kertas atau apalah sebagai penyekat nanti, kalau bisa 2 ya.

Nah pas kita lihat-lihat ikan, cobalah untuk memberi sekat dan tunggu beberapa menit, setelah itu kita buka sekat dan lihat, mana yang memiliki mental paling bagus, itulah yang kalian pilih.

Beli Ikan Cupang Online : Jika kita membeli ikan cupang secara online sebaiknya jangan yang hanya dilihatkan gambarnya saja, pilihal seller yang memberi vidio ikan cupang juga.

Dengan melihat vidio, kita bisa mengamati mental ikan cupang tersebut, untuk itu usahakan memilih vidioo yang pas ikan cupang lagi ngedok.

Warna Ikan Cupang Yang Bagus

Selain mental, karena kita ingin memelihara ikan cupang hias tentunya kita juga ingin menikmati keindahan warna. Secara garis besar warna ikan cupang dibagi menjadi 2, ada ikan cupang yang tidak mutasi ( tidak berubah warna ) ada juga yang mutasi ( berubah warna ).

Untuk itu, tentukan terlebih dahulu warna yang kamu suka dari dari kedua jenis ikan cupang tadi, dan berikut cara melihat ciri ciri ikan cupang hias yang bagus dari segi warnanya.

Ikan Cupang Tidak Mutasi : Jika ikan cupang kalian inginkan warnanya tidak berubah seiring bertambahnya umur dan ukuran, pilihlah ikan cupang yang warnanya tajem, cerah dan tidak pucat atau kusam.

Jika melihat ikan cupang yang warnanya pucat, meskipun itu harganya murah sebaiknya jangan dibeli, karena salah satu ciri-ciri ikan cupang sakit adalah pucatnya warna. Tips ini berlaku baik untuk pembelian ikan cupang secara online maupun ofline.

Ikan Cupang Yang Mutasi : Jika kalian mengincar ikan mutasi, sebaiknya belilah ikan cupang yang umurnya 5 bulan. Karena dengan usia tersebut, biasanya ikan cudah berhenti mutasi, meski berubah perubahnya tidak seberapa.

Sirip Ikan Cupang Yang Bagus

Yang ketiga ciri ciri ikan cupang yang bagus adalah siripnya tidak rusak, ngeluntung, ataupun sobek. Untuk itu pastikan sebelum membeli ikan sirip atasnya tidak ngeluntung, ekornya tidak rusak dan sirip bawahnya tidak sobek.

Operkulum ( penutup insang ) Ikan Cupang

Sebenarnya ciri ciri ikan cupang yang bagus yang ke 4 ini adalah masih bagian dari yang pertama tadi, yakni melihat mental ikan cupang. Karena admin tadi pas nulis lupa, jadi admin masukan untuk ciri ciri ikan cupang yang bagus bagian 4.

Penutup insang ini perhatikan dengan baik, jika ada ikan yang tidak ngedok alias diam salah satu penutup insangnya tidak menutup dengan rapat, jangan dibeli, itu karena ikan tersebut tidak sehat.

Atau jika temen-temen lihat ikan cupang yang pas lagi ngedok kok salah satu penutup insangnya tidak membuka sempurnya, maka jangan dibeli.

Nah itulah 4 ciri ciri ikan cupang yang bagus, semoga bermanfaat.

Johnyardi

This blog is created only for a hobby. Hopefully everything on this blog is useful for readers.

Toko Marlan

This blog is created only for a hobby. Hopefully everything on this blog is useful for readers.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama