Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Menentukan jenis kelamin ikan cupang sebenarnya cukup mudah, namun memang terkadang banyak yang terkecoh karena terlihat cukup mirip. Ikan cupang remaja mungkin tidak menunjukkan perbedaan seksual. 

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (9/12/2020) untuk mengetahui jenis kelamin ikan cupang bisa terlihat dari beberapa faktor sebagai berikut.

1. Warna

Seringkali ikan cupang jantan memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan ikan cupang betina. Namun, ikan cupang betina juga bisa sangat berwarna-warni.

Baca juga : Cara Budidaya Ikan Cupang Di Aquarium

2. Garis Vertikal 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Cupang betina akan menampilkan garis-garis vertikal pada tubuhnya saat siap kawin, sedangkan cupang jantan tidak. 

3. Bentuk tubuh 

Umumnya, cupang betina lebih pendek dan bertubuh lebar dibandingkan cupang jantan. Cupang laki-laki cenderung memiliki tubuh lebih memanjang yang sedikit lebih rata, dari sisi ke sisi. 

4..Sirip 

Cupang jantan memiliki sirip yang lebih panjang, kadang-kadang bisa mencapai tiga atau empat kali panjang sirip betina. Sirip perut jantan terlihat lebih panjang dan lebih tebal daripada sirip perut betina. Baca juga: 4 Anggapan yang Salah Tentang Ikan Cupang 

5. Bintik 

Telur Cupang betina dewasa menunjukkan “titik telur” antara sirip perut dan dubur. Ini sebenarnya adalah ovipositor, yang digunakan untuk bertelur. Sedangkan cupang jantan jarang menunjukkan bercak telur. 

6. Jenggot 

Ikan cupang memiliki selaput di bawah penutup pelat insang yang disebut membran operkular. Membran ini muncul sebagai “jenggot” dan ditampilkan saat ikan mengibarkan pelat insangnya. Jenggot cupang jantan jauh lebih besar, sehingga sering terlihat saat cupang jantan sedang tidak melebar. Cupang betina juga memiliki jenggot, tetapi jauh lebih kecil dan tidak terlihat saat betina tidak melebar Ilustrasi ikan cupang halfmoon. 

7. Flaring 

Jantan dan Betina Saat cupang berkembang, perbedaan antara jenis kelamin menjadi lebih jelas. Jenggot cupang jantan lebih besar, sedangkan cupang betina memiliki janggut yang jauh lebih kecil dan tidak terlalu terlihat. Saat berkembang, cupang betina melakukan posisi postur kepala ke bawah, sedangkan cupang jantan tidak melakukan hal itu. 

8. Sifat 

Perilaku Cupang jantan dijuluki ikan aduan Siam karena sangat agresif antara satu sama lain dan dengan cupang betina. Maka dari itu, disarankan untuk tidak menggabungkan cupang jantan dan betina di dalam akuarium, kecuali untuk kawin. Baca juga: Ikan Cupang Halfmoon, Hasil Kawin Silang dan Sempat Diremehkan  

Baca juga : Ciri-ciri ikan cupang yang bagus

9. Agresi 

Cupang betina bukanlah petarung seperti jantan, tetapi mereka bisa agresif terhadap satu sama lain dan terhadap ikan lain. Agresi antar cupang betina bisa sangat menegangkan, terutama jika hanya ada dua cupang betina. Oleh sebab itu, disarankan untuk memelihara setidaknya lima cupang betina di akuarium yang sama sehingga perilaku agresif lebih tersebar dan tidak diarahkan ke individu yang sama. 

10. Bubble Nests 

Umumnya, hanya cupang jantan yang meniup sarang gelembung. Ini adalah sarang yang terbuat dari gelembung air liur yang dibuat ikan di permukaan air untuk melindungi telur selama berkembang biak.

Johnyardi

This blog is created only for a hobby. Hopefully everything on this blog is useful for readers.

Toko Marlan

This blog is created only for a hobby. Hopefully everything on this blog is useful for readers.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama