Apa itu Baterai OEM, KW, KW Super dan Original ?

Baterai OEM, KW, KW Super dan Original sering kali digunakan untuk judul sebuah produk. Apakah kalian tau artinya ? Jika belum, simak berikut ini arti dari kata OEM, KW Super dan Original.

Apa itu Baterai OEM, KW, KW Super dan Original ?

Apa itu Baterai OEM, KW, KW Super dan Original ?

Pada dasarnya, perbedaan tersebut adalah merujuk pada kualitas dari barang yang dijual. Diberi keterangan demikian, karena penjual ingin menyampaikan informasi kepada para calon pembeli akan status barang yang mereka tawarkan.

Nah, bagi kalian yang masih bingung, yuk ketahui perbedaan barang OEM, KW, KW super atau premium, dan original berikut ini!

Baterai OEM

Apa itu Baterai OEM ?

Baterai OEM atau Original Equipment Manufacturer adalah sebuah baterai yang diproduksi dari perusahaan yang kemudian dibeli, diolah, dan dijual kembali oleh perusahaan yang menggunakan nama atau brand mereka sendiri.

Umumnya, perangkat keras dan lunak OEM dikirim dan didistribusikan ke perusahaan manufaktur besar yang memproduksi produk asli brand mereka sendiri. Biasanya, hal ini dilakukan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Namun masalahnya, banyak yang salah kaprah dengan mengartikan OEM adalah produk palsu. Dengan begitu, membeli produk jenis ini sangat berisiko.

Baterai KW

Apa itu Baterai KW ?

Baterai KW merupakan singkatan dari kwalitas atau kualitas. Baterai KW biasanya memiliki tingkatan kualitas, mulai dari 1, 2 dan seterusnya. Produk fokus pada bentuk yang dibuat agar mirip, namun tentu kualitasnya jauh dibanding barang asli.

Jika diperhatikan secara sekilas, biasanya baterai KW masih jelas terlihat meski belum diteliti dengan cara dipegang atau diraba. Karena fisiknya seringkali terlihat tidak rapi dan kadang tidak proporsional bentuknya, terutama pada sepatu.

Soal harga, Baterai KW biasanya ditawarkan sangat rendah, jauh lebih murah dari produk originalnya. Misalnya, ada suatu produk asli seharga Rp 2 juta. Diproduksi barang KW-nya dan hanya dibanderol hanyasekitar Rp 200 ribu – Rp 500 ribu. Jadi, soal harga juga kamu harus teliti, Toppers.


Baterai KW Super atau Premium

Apa itu Baterai KW ?

Baterai KW super atau premium ini merupakan bentuk imitasi dari produk aslinya. Baterai KW Super biasanya menggunakan bahan dengan versi yang lebih murah. Misalnya, antara tas kulit original dengan yang KW Super.

Kalau tas kulit ori bahan kulitnya tebal, kualitas ritsleting tasnya bagus, tak mudah rusak. Nah, kalau KW Super bisa membuat kemiripan seperti original, namun dengan kualitas yang jauh berbeda.

Meski begitu, kadang banyak juga baterai KW super alias premium yang dibuat sangat mirip sekali dengan barang aslinya. Baik dari bentuk maupun bahan yang mirip-mirip. Kamu harus lebih teliti agar tidak terkecoh.

Jika ragu karena bentuk dan kualitas bahan yang mirip, kamu bisa bandingkan soal harga. Biasanya, barang premium di banderol sekitar setengah harga lebih murah dari produk originalnya. Jadi, jangan tergiur hanya karena harga murah ya, Toppers!
 

Baterai Original

Apa itu Baterai Original ?

Baterai Original adalah baterai resmi dari pihak pembuatnya. Baterai original memiliki standar tingkat tinggi dan kualitasnya tidak akan mengecewakan pembeli.

Tetapi, tentu dengan harga yang lebih tinggi karena kualitas baterai yang serta prestise tersendiri untuk penggunanya. Namun, meski harganya mungkin dianggap lebih mahal, tapi sebenarnya soal ketahanan, produk original begitu kokoh.

Sehingga baterai asli biasanya bisa kamu gunakan hingga jangka waktu bertahun-tahun. Sebagai perbandingan, misalkan kamu membeli baterai ori seharga 200 ribu. Kamu bisa menggunakannya hingga 3 tahun atau lebih.

Sementara jika kamu membeli baterai KW dengan harga Rp 60 ribu, barang ini bisa bertahan paling lama 1 tahun atau kurang. Jadi, sebenarnya biaya yang kamu keluarkan kurang lebih sama, bukan?

Kamu sebagai pembeli perlu hati-hati, karena sekarang banyak sekali barang-barang bermerek memiliki bentuk yang mirip seperti versi aslinya. Tentu kualitasnya tidak bagus dan lebih cepat rusak, serta sangat terlihat perbedaannya.

Nah, kamu sudah paham kan tentang perbedaan baterai  OEM, KW, premium dan original? Ternyata jika kamu menguasai ilmu dasar dalam berbelanja seperti di atas tadi, kamu tidak perlu khawatir tertipu.


Johnyardi

This blog is created only for a hobby. Hopefully everything on this blog is useful for readers.

Toko Marlan

This blog is created only for a hobby. Hopefully everything on this blog is useful for readers.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama