Cara Mengatasi Fast Charging Infinix Tidak Jalan Aktif

Fast Charging Infinix Tidak Aktif Jalan, merupakan kendala yang sering terjadi. Dengan tidak bisanya fast charger ngecas infinix jadi lambat, tidak nambah bahkan tidak mengisi. 

Cara Mengatasi Fast Charging Infinix Tidak Jalan Aktif

Cara Mengatasi Fast Charging Infinix Tidak Jalan Aktif

Berikut ini telah saya kumpulkan berbagai kemungkinan kerusakan yang terjadi pada ponsel maupun charger yang menyebabkan proses pengisian berjalan sangat lambat atau bahkan Xcharge tidak berjalan.

Tips-tips di bawah ini bersifat universal untuk semua jenis ponsel Infinix, baik itu Zero, Note, Hot, maupun S series.

1. Ganti Kabel Charger Fast Charging

Kabel charger Infinix boleh dibilang sebagai komponen paling rentan dalam produk ini. Bagian pangkal kabel mudah robek akibat tidak adanya pengaman khusus sehingga kabel di dalamnya terkelupas.

Coba ganti dengan kabel data dari ponsel lain yang juga mendukung fast charging. Ciri-cirinya adalah memiliki rating arus 2 Ampere, sesuai standar dari Infinix.

CATATAN: Kabel charger yang tidak mampu menangani arus kurang dari 2 Ampere mungkin masih bisa bekerja, namun dalam waktu singkat kabel akan cepat rusak.

Jika solusi ini terbukti membuat fast charging kembali bekerja, kamu boleh tetap menggunakan kabel tersebut tanpa khawatir merusak baterai ponsel.

Tidak ada salahnya juga berinvestasi dengan membeli kabel dengan desain khusus yang tahan lama sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

2. Coba ganti kepala charger dengan rating yang sama

Charger Infinix 2 7 Cara Mengatasi Fast Charging Infinix Tidak Jalan 2 Charger Infinix 2

Kepala charger yang rusak bisa jadi menjadi penyebab mengapa proses pengisian sangat lambat. Coba gunakan charger smartphone lain yang memiliki rating tegangan 5 Volt dan arus 2 Ampere.

Biasanya informasi rating terdapat di kepala charger itu sendiri atau di buku manual produk.

Ya, jika hanya untuk memeriksa kerusakan, boleh saja menggunakan kepala charger dari brand lain. Apabila fast charging kembali bekerja, berarti charger bawaan memiliki masalah.

Ingat! Jangan gunakan kepala charger non resmi untuk keperluan pengisian sehari-hari.

Usahakan membeli charger original Infinix agar terhindar dari kerusakan. Harga barang ini umumnya berkisar Rp 100.000 dan bisa ditemukan di toko online maupun toko fisik.

3. Hindari cas dari sumber kurang stabil seperti power bank, PC, atau laptop

Meski beberapa power bank menawarkan fitur fast charging, biasanya arus yang disuplai tidak stabil sehingga proses pengisian daya menjadi lebih lambat dibanding jika menggunakan metode pengisian konvensional.

Selain itu, rating daya dari power bank, PC, maupun laptop umumnya lebih rendah dibanding standar yang ditetapkan Infinix.

Jadi, jika fast charging tidak berjalan ketika ponsel dicas dari sumber-sumber di atas, itu adalah hal yang normal dan tidak menjadi indikasi khusus adanya kerusakan.

4. Matikan ponsel ketika dicas mungkin bisa mengaktifkan fast charging

Mengisi daya ketika ponsel dalam kondisi nonaktif secara teknis mampu memaksimalkan durasi pengisian sebab konsumsi daya menjadi sangat minimal.

Terlepas dari itu, saya sempat beberapa kali mendapatkan fast charging yang tidak aktif ketika ponsel sedang menyala, namun baru aktif ketika ponsel dimatikan.

Walaupun tidak ada penjelasan resmi mengapa bisa terjadi, tak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

Kamu perlu menunggu sekitar 10 detik sampai mode pengisian normal berubah menjadi Xcharge.

5 Bersihkan port micro USB dari kotoran yang menghalangi pin

Charger Infinix 5 7 Cara Mengatasi Fast Charging Infinix Tidak Jalan 5 Charger Infinix 5

Jika kamu perhatikan seksama, terdapat 5 buah pin pada port micro USB di smartphone Infinix. Kelima pin tersebut harus terhubung sempurna dengan konektor pada kabel charger.

Gunakan tusuk gigi, jarum, atau hand blower (direkomendasikan) untuk membersihkan pin dari kotoran dan debu. Gunakan pencahayaan tambahan jika kamu tidak bisa melihatnya dengan jelas.

PENTING: Bersihkan dengan lembut dan hati-hati sebab bagian pin tersebut sangat rentan. Kerusakan hardware akibat kesalahan pengguna tidak ditanggung garansi.

Setelah itu, coba hubungkan smartphone dengan charger untuk melihat hasilnya.

6. Update versi Android untuk memperbaiki bug

Mungkin saja fast charging yang tidak jalan disebabkan oleh bug atau error dari software yang menghalangi sistem pengisian untuk berjalan sebagaimana mestinya.

Pihak Infinix biasanya memberikan update berkala bersamaan dengan pembaharuan sistem operasi. Untuk mengetahuinya, pergi ke Settings → About phone → System Update.

Jika tersedia update, kamu bisa mengunduhnya kemudian menginstal update tersebut.

7. Hard Reset ponsel Infinix kamu agar kembali seperti baru

Tips yang terakhir ini bisa dibilang memang jalan terakhir jika tak satupun dari enam tips di atas bekerja. Sesuai namanya, opsi akan menghapus seluruh file dan pengaturan yang sudah kamu buat.

Silakan backup file terlebih dahulu apabila ada yang penting. Berikut panduan untuk reset ponsel Infinix.

Johnyardi

This blog is created only for a hobby. Hopefully everything on this blog is useful for readers.

Toko Marlan

This blog is created only for a hobby. Hopefully everything on this blog is useful for readers.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama